Drs. Sunarto: SDN 3 Metro Barat Terus Tingkatkan Kualitas Mutu Pendidikan

451
Kepala SD Negeri 3 Metro Barat, Drs. Sunarto menjelaskan seputar pendidikan yang berkualitas kepada Inspirasi Post, Selasa (24/4/2018).

METRO, Inspirasi Post -Keberhasilan para siswa – siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Metro Barat mengikuti prosesi kegiatan belajar mengajar, tentunya tidak bisa dilepas dari peran tenaga pengajar yang berkualitas dan disiplin. Hal tersebut sesuai dengan undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan Nasional.

Kepala SD Negeri 3 Metro Barat, Drs. Sunarto mengatakan ada banyak cara upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas anak didik dilingkup sekolah. Peningkatan fasilitas, baik sarana maupun prasarana di sekolah ini terus dilakukan dan dimaksimalkan, sebagai langkah membenahi pendidikan. Semua keberhasilan siswa tersebut, karena adanya bimbingan dari tenaga pendidik dalam memberikan materi pendidkan, dan selalu di terapkan disiplin yang tinggi,” kata Sunarto kepada Inspirasi Post, Kamis (5/4/2018).

Lebih lanjut Sunarto menjelaskan, sudah saatnya dunia pendidikan harus selalu meningkatkan mutu pendidikan, agar dapat menjawab semua tantangan tersebut. Namun, dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi (IPTEK), kita tidak boleh meninggalkan iman dan ketaqwaan (Imtaq) kepada Allah SWT, sesuai dengan falsafah dan ideologi bangsa Indonesia.

Hal tersebut, kata Sunarto, sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003, tentang sistem pendidikan Nasional Bab II pasal 3 menyatakan, bahwa pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab,” ujarnya.

Menurutnya, untuk meningkatkan mutu pendidikan, kata Sunarto, perlu kerja keras dan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Kemudian, sekolah dituntut peran guru sebagai seorang pendidik harus kreatif, inovatif dan mengedepankan prilaku sopan santun, agar lingkungan sekolah mampu menampilkan predikat, serta mengutamakan hubungan sinergi antara siswa dan guru.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi: Pemerintah Terus Berupaya Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat dan Tuntaskan Kemiskinan

Kemudian, kata dia, misi SD Negeri 3 Metro Barat, yakni membimbing siswa memiliki dasar-dasar akhlak mulia dan budi pekerti luhur, membina siswa memiliki kemampuan akademik, kreatif, berpikir kritis, pemberani, tanggung jawab, dan mandiri. Selanjutnya, SD Negeri 3 Metro Barat melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, menumbuh kembangkan semangat berprestasi pada seluruh warna sekolah serta menumbuh kembangkan kegiatan yang berwawasan IPTEK,” jelasnya.

Masih di katakan Sunarto, SD Negeri 3 Metro barat, juga ciptakan anak didik cerdas, berakhlak dan berkualitas. Seperti, siswa lebih tekun dalam beribadah dan berperilaku santun, meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada diri siswa melalui kegiatan kepramukaan, computer, keolahragaan, dan ekstra kurikuler,” kata Sunarto. (Ipung/Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)