Drs.Ponirin: Program Padat Karya Purworejo, Meningkatkan Penghasilan Masyarakat

415
Kepala Kampung Purworejo Drs. Ponirin (kanan, red) saat berikan keterangan kepada Inspirasi Post.

KOTAGAJAH, Inspirasi Post – Anggaran Dana Desa (DD) yang terus meningkat dari tahun ke tahun, telah memberikan kesempatan kepada pemerintahan dan masyarakat Kampung Purworejo, Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) untuk melakukan pembangunan dan pemberdayaan warganya.

Meski alokasi dan pemanfaatan DD bisa disesuaikan kondisi dan kebutuhan masingmasing kampung, pemerintah juga mendorong agar dana tersebut juga dapat digunakan untuk membuat program padat karya secara swakelola.

Kepala Kampung Purworejo Drs. Ponirin mengatakan, secara keseluruhan program pembangunan kampung Purworejo tahun 2018 dengan memanfaatkan dana desa dan alokasi dana desa akan kami terapkan untuk peningkatan kwalias infrastruktur jalan kampung, yaitu lapis penetrasi (lapen) sepanjang 800 meter.

Selain itu, lima buah gorong gorong terletak di dusun dua dan dusun tiga serta pembuatan drainase sepanjang 800 meter,” kata Ponirin kepada Inspirasi Post, Minggu (13/05/2018).

Lebih lanjut Ponirin menambahkan, terkait waktu pengerjaan program dimaksut, akan disesuaikan saat warga kampung Puworejo ketika tidak sedang sibuk menanam baik di sawah atau di kebun.

Sehingga, program yang pengerjaannya sesuai degan rencanana padat karya dapat meyerap tenaga kerja masyarakat kampung Purworejo secara maksimal. Sehinga, dapat meningkatkan penghasilan mereka.

Ponirin mengatakan, tahap awal pengerjaan disesuaikan dengan tahapan pencairan sebesar 20%/25% akan dimulai dengan pembuatan dan perbaikan lima buah gorong gorong di dusun 2 dan dusun 3 kampung Purworejo,” tutup Ponirin. (Sampurna/red).

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)

BACA JUGA:  Bupati Lampung Timur Hadiri Puncak Harganas XXVI di Kalimantan Selatan