Drs. Ponirin: Bulan Ramadhan Giatkan Siskamling dan Pelayanan

442
Kepala Kampung Purworejo Drs. Ponirin (kanan, red) saat berikan keterangan kepada Inspirasi Post.

Kepala Kampung Purworejo Kecamatan Kotagajah, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Drs. Ponirin mengatakan, selama bulan Ramadan, tidak hanya mengisi waktu dengan kegiatan rutinitas pelayanan kepada masyarakat, tapi aktif dalam bidang keagamaan dan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Menurutnya, selaku kepala kampung Purworejo dirinya aktif mengisi kegiatan atau taraweh keliling (tarling, Red) di wilayahnya. Sedangkan, untuk subuh bersama dilaksanakannya di mesjid dekat rumah saja. Selain aktif mengadakan tarling, Ponirin juga menggiatkan anggota masyarakat untuk selalu menjaga keamanan lingkungan secara bersama-bersama. Hal ini dalam mengantisipasi, terhadap kejadian kejahatan di wilayahnya,” kata Ponirin kepada Inspirasi Post, Jumat (1/6/2018).

Lebih lanjut Ponirin mengatakan, soal keamanan lingkungan kampung Purworejo kecamatan Kotagajah, kami semakin meningkatkan siskamling. Tidak hanya warga RT dan RW yang aktif menjaga lingkungan, tapi pihak kepolisian, ormas pemuda dan para tokoh masyarakat juga melibatkan diri di dalamnya.

Harapannya kepada masyarakat, agar tetap waspada serta menjaga lingkungannya masing-masing dengan cara giat jaga malam secara rutin. Karena kejahatan terjadi, bukan hanya sekedar adanya niat pelaku akan tetapi karena adanya kesempatan,” ujarnya.

Sementara itu, lanjut Ponirin, terkait pelayanan masyarakat, kantor  kepala kampung dengan prinsip tetap selalu setia melayani dengan pelayanan prima. Hal inilah yang menyebabkan suasana kantor selalu tampak banyak aparat dan perangkat kampung, meskipun sepi oleh kedatangan warga yang dihari-hari biasanya banyak membutuhkan pelayanan.

“Memang sih agak sepi pelayanan karena masyarakat tidak fokus lagi datang ke kantor, karena mungkin sedang sibuk menyiapkan diri menghadapi lebaran. Mungkin mau ke kantor kepala kampung, ntar aja habis lebaran. Lagi bulan puasa dan mau lebaran kan lebih baik ke pasar dulu saja belanja kebutuhan yang mendesak,” tutup Ponirin. (Ipung/Red)

BACA JUGA:  DPRD Propinsi Lampung Minta Pihak Kepolisian 'Serius' Tangani Kejahatan Sesksual Pada Anak Dibawah Umur

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)