Drs.Mahsum: SMK Kartikatama Metro Terapkan Pendidikan Akhlak dan Disiplin Siswa

899
Kepala SMK Kartikatama Metro, Drs. Hi. Mahsum saat berikan keterangan terkait akhlak siswa-siswi di sekolah dan terapkan disiplin.

Kota Metro, Inspirasi Post – Soal mutu pendidikan dan akhlak, sekolah yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, SMK Kartikatama Kota Metro memiliki program jurusan unggulan yang didukung dengan fasilitas lengkap. Hal itu menjadi magnet, bagi pelajar yang ingin menuntut ilmu di sekolah kejuruan.

Kepala SMK Kartikatama Metro, Drs. Hi. Mahsum menjelaskan sekolah ini, memang memiliki visi selain untuk membantu masyarakat mendidik manusia yang berakhlak dan berilmu, juga mengutamakan agama, yakni syariat Islam.“Di sini kami utamakan pendidikan agama berdasarkan syariat Islam.

Persentase pelajaran agama yang diberikan di dalam ruang kelas, kata Mahsum, sesuai dengan kurikulum, namun pihaknya membekali siswa dengan kegiatan ekstrakurikuler tentang agama Islam. Setiap harinya, siswa-siswi yang ada melaksanakan shalat berjamaah, termasuk dalam shola dhuha. Rata-rata para siswa dan siswi hapal akan Juz Amma. “ini diberlakukan dan diharuskan di lingkungan sekolah Kartikatama dari tingkat SMP, SMK dan SMA,” jelas Mahsum kepada Inspirasi Post, Rabu (11/4/2018).

Nampak pafa gambar, siswa-siswi SMP, SMA dan SMK Kartikatama Kota Metro adakan Sholat Dhuah setiap harinya.

Lebih lanjut Mahsum menambahkan, meningkatkan mutu pendidikan di SMK Kartikatama Metro menjadi fokus utama. Untuk itu, kami selalu memberikan kuruikulum berstandar nasional. Didukung dengan tenaga pengajar yang professional. Sementara itu, soal urusan disiplin, sekolah ini juga nggak main-main. “Setiap pagi, kami menerapkan apel pagi dan apel siang ketika akan pulang sekolah.

Setiap pagi, kata Mahsum, siswa harus berkumpul di lapangan dan diperiksa kelengkapannya. “Setiap anak diperiksa kerapian baju, rambut, absen dan kelengkapan lainnya oleh guru piket. Jika tidak sesuai akan diganjar sesuai kesalahan. Selain itu, secara bergilir siswa akan berpidato menggunakan bahasa Arap. Sedangkan untuk apel siang hanya memeriksa absen siswa,” jelasnya.

BACA JUGA:  Pemkab Lamteng Salurkan Bantuan Korban Banjir di 8 Kecamatan

Nah, selain itu SMK Kartikatama Metro memiliki Pembimbing Akhlak Mulia (PAM). Dimana dalam program tersebut, seluruh siswa-siswi akan dibimbing langsung oleh dewan guru. “Dengan adanya program ini, guru tersebut dapat langsung memonitor perkembangan siswa.

Tak hanya itu, dengan adanya laporan yang dicatat dalam buku khusus, juga akan dimonitor oleh orangtua siswa. Sehingga, akan terjalin komunikasi yang baik antara guru dan orangtua,” ungkap Mahsum. (Ipung/Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)