DPW HPI Provinsi Lampung ‘Gelorakan’ Berkoperasi Serta Membangun Kemandirian Ekonomi Secara Bergotong Royong

244

Lampung, ( www.inspirasipost.com ),-Belajar dari sejarah bahwa Indonesia pernah mengalami resesi ekonomi. Pada saat itu UMKM dan Koperasi menjadi salah satu garda terdepan dalam memulihkan kondisi perekonomian Indonesia.Hal tersebut menjadi salah satu dasar DPW HPI Provinsi Lampung beserta jajaran DPC, Mendirikan koperasi yang diharapkan mampu menjadi salah satu solusi atau problem solving pasca pandemi covid 19 yang secara langsung berdampak pada seluruh lapisan masyarakat

Membangun sentra UMKM serta Koperasi sebagai amanah dari pendiri Bangsa Indonesia yaitu ‘Bung Hatta ‘ diharapkan dapat mendorong perekonomian baik di internal organisasi pers (HPI ) maupun masyarakat sehingga bisa  stabil dan pertumbuhan ekonomi negara pun dapat normal kembali.

Yudha Saputra , Ketua DPW Himpunan Pewarta Indonesia ( HPI ) Provinsi Lampung saat memaparkan kepada awak media mengatakan,

” Hal ini kami laksanakan sebagai salah satu upaya memulihkan perekonomian di internal organisasi, masyarakat maupun  Indonesia. salah satu metodanya adalah dengan menghidupkan kembali perekonomian berbasis kerakyatan.” Urai Jurnalis yang dikenal pro rakyat ini.

Lebih jauh Yudha Saputra Menambahkan, Ekonomi kerakyatan dapat kita pahami dengan merujuk pada Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan bahwa Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.

” Dengan menerapkan ekonomi kerakyatan, pemulihan perekonomian di Indonesia dapat mencapai kalangan bawah, yakni sampai ke daerah – daerah terpencil dan pedesaan.” Tambahnya.

Selain itu, ekonomi kerakyatan memiliki tujuan untuk membangun ekonomi secara mandiri dengan memperhatikan keadilan serta program yang praktis dan nyata. Sehingga dapat menciptakan kegiatan ekonomi yang produktif.” Tegasnya.

Salah satu pengimplementasian perekonomian kerakyatan yang sudah lama ada di Indonesia adalah Koperasi.

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, pada Pasal 1 dijelaskan, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasar prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat atas asas kekeluargaan.

BACA JUGA:  Dandim 0431 Bangka Barat Laksanakan Giat Rapid Test, Seluruh Prajurit Kodim Dinyatakan Non-Reaktif Covid-19

Anton Subandi, Ketua Koperasi Warta Indoniaga Nusantara  saat memberikan keterangan nya mengatakan, seperti kita ketahui Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani, nelayan, dan juga pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

” Maka DPW HPI beserta jajaran hingga DPC sepakat menggelorakan koperasi sebagai sarana dalam membantu memperbaiki taraf hidup. Mengapa demikian? Karena itu merupakan salah satu tujuan dari koperasi.” Urai pria yang dikenal familiar ini.

Lanjutnya, Berdasarkan Pasal 4 UU Nomor 25/1992, koperasi memilik 4 fungsi dan peranan yang diantaranya adalah membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.” Tutupnya.

Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.

Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya.

Berusaha untuk mewujudkan  , mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Pembentukan koperasi yang digelorakan oleh jajaran Himpunan Pewarta Indonesia provinsi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi internal organisasi juga diharapkan mampu menjadi solusi bagi masyarakat di provinsi Lampung terutama pasca     pandemi covid 19 sedang melanda Indonesia dan banyak negara lainnya saat ini. ( Redaksi )