Dinas Dukcapil Metro, Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan

411

Metro, Inspirasi Post – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Metro, mengadakan acara sosialisasi pemanfaatan data Kependudukan. Dalam acara tersebut, sekaligus penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Dukcapil dengan empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berlangsung di Aula Pemerintah Kota Metro, Senin (9/4/2018).

Acara tersebut di buka oleh Walikota Metro, Achmad Pairin dan Wakil Walikota Metro Djohan yang juga dihadiri segenap jajaran Forkompinda, Kepala Dinas Dukcapil Kota Metro dan para undangan. Empat OPD itu, yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Metro, Kepala BAPPEDA, Camat Metro Pusat, Dinas Kesehatan Kota Metro.

Walikota Metro, Achmad Pairin mengatakan pemanfaatan data kependudukan merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi Dinas Dukcapil dalam Kitab Undang –Undang 24 Tahun 2013, tentang Perubahan UU 23 Tahun 2006, yaitu administrasi Kependudukan.

Selanjutnya, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2015 tentang persyaratan, ruang lingkup dan tata cara pemberian hak akses serta pemanfaatan nomor Induk Kependudukan, data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik, menyebutkan bahwa “Pemerintah Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 huruf c berwenang dan berkewajiban melayani pemanfaatan NIK, Data Kependudukan dan KTP-el,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Metro, Maria Fitri Jayasinga, M.Pd menjelaskan, dengan adanya kerjasama ini, maka data kependudukan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, namun tetap rahasia datanya terutama data perorangan yang sangat dilindungi oleh undang-undang. Ia berharap, agar banyak lembaga pengguna/pemanfaatan data penduduk ini, tercipta layanan publik yang semakin tertata, efisien dan efektif untuk masyarakat,”pungkasnya. (Rls/Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)

BACA JUGA:  Simbol "Mawar Merah" untuk Penyelesaian Pedagang Taman Merdeka