Die Jugend Lampung , ‘ Kain Tapis ‘ Merupakan Warisan Kekayaan Nusantara dan Bernilai Seni Tinggi

142

Lampung- Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan warisan kearifan lokal dalam bidang seni budaya, Jika di Jawa, kita mengenal Batik, di Sumatra kita mengenal Ulos sementara di Flores kita mengenal tenun, maka di Lampung kita akan berkenalan dengan Kain Tapis.

Kain Tapis sekarang sudah menjadi souvenir andalan dari Lampung. Dahulunya adalah pakaian wanita suku Lampung, tetapi perjalanan waktu dan kreasi serta kreativitas saat ini kain tapis bisa di transformasi ke berbagai model dan bentuk.

Perlu diketahui , Kain Tapis terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan bahan sudi, benang perak atau benang emas dengan sistem sulam. Bahan yang digunakan adalah kain sanwos atau tenun, benang katun dan benang emas atau perak, pembidang.

 

Kain Tapis ini biasanya digunakan pada bagian pinggang ke bawah berbentuk sarung yang terbuat dari benang kapas dengan motif seperti motif alam, flora fauna yang disulam dengan benang emas dan berbentuk perak.

Beberapa daerah di Lampung  Tapis dipakai dalam prosesi pernikahan, yaitu pengantin wanita dalam upacara perkawinan adat. Dan juga biasa dipakai oleh ibu-ibu pengiring pengantin. Kerajinan kain Tapis ini dibuat memakai alat tenun bukan mesin dengan ragam hias yang bermacam-macam.

Pembuatan Tapis ini sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu dan cara pembuatannya sudah disampaikan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Sebagai implentasi serta bentuk peduli nyata dalam melestarikan dan menjaga nilai yang terkandung dari kearifan lokal, warisan pendahulu bangsa yang sangat bernilai tinggi, N.G.O Die Jugend Lampung memberikan perhatian juga dukungan kepada seniman dan pengrajin berbasis ‘ Home Industri ‘ atau kerap disebut Industri Rumahan yaitu ‘ Etnic Craft ‘ art shop sebagai mitra  binaan serta bagian dalam melestarikan dan menjaga agar ‘ Kain Tapis ‘ tidak tergerus dan hilang di era Industri 4.0.Tetapi ikut bereksplorasi di era digital ini bahkan mampu menembus pangsa pasar Nasional maupun Internasional.

BACA JUGA:  Lagi !! KPK Tangkap Anggota DPR Dari Praksi Demokrat

Kain Tapis Lampung ternyata mempunyai nilai filosofi yang tinggi , bisa di lihat dari proses pembuatan yang butuh kesabaran, detail dari setiap benang yang menyatu dan membentuk desain yang indah artinya apabila kita menjaga perbedaan dan disatukan dalam wujud ‘ Persatuan Nasional ‘.Maka akan menjadi sebuah komposisi yang indah dan bernilai sangat tinggi, artinya untuk menjadi Negara yang kuat kita anak bangsa harus bersatu dan menjadi komponen yang sangat kuat  tanpa mengedepankan perbedaan Ras, Suku maupun Agama hal ini tentu akan membuat Nusantara di segani Bangsa Lain.

Wahyu Prasetyo, S Tr Sos , Direktur Eksekutif N.G.O Die Jugend Lampung dalam wawancara nya mengatakan, Ini sebuah kekayaan dan bukti bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya dan mempunyai peradaban yang tinggi.

” Sebagai generasi muda penerus bangsa kita harus menggali potensi diri dan menjaga kekayaan yang ada di Nusantara ini , salah satu nya selain Alam atau SDA adalah ‘ Warisan Kearifan Lokal ‘ yang ada untuk kita jaga dan lestarikan bahkan kembangkan hingga mampu bersaing di level Internasional.” Ujar Aktivis yang lama bermukim di Jerman ini.

Wahyu menambahkan, ini lah saat nya kita sebagai generasi penerus untuk berani bersaing bahkan menunjukan eksistensi dengan ciri nusantara tanpa meniru arus budaya bangsa lain.

” Kami menggandeng Etnic Craft sebagai mitra binaan dan kami mulai dengan berciri khas yang terbuat dari Tapis Lampung, serta kami perkenalkan kepada jejaring baik level nasional ataupun Internasional kedepannya, karena ini adalah Warisan Kearifan Lokal yang sangat Bernilai seni tinggi dan harus di lestarikan dan di kembangkan.” Ujar aktivis muda yang sangat peduli akan sosial, budaya dan Lingkungan Hidup ini.

BACA JUGA:  Peringati Hari Kartini, GOW Kota Metro Salurkan Lima Bantuan Bedah Rumah

Sebuah kain tapis termasuk jenis kain yang cukup berat karena banyak jalinan benang yang melintas di kainnya. Semakin padat pembuatan coraknya, maka harganya semakin mahal dan saat ini kain tapis menjadi salah satu kain yang sangat di cari okeh para kolektor nasional maupun mancanegara.

( Red / Dha )