DANREM 045/GARUDA JAYA: BELA NEGARA MULAILAH DARI DIRI SENDIRI

74

DANREM 045/GARUDA JAYA: BELA NEGARA MULAILAH DARI DIRI SENDIRI

Inspirasi Post || 19 Oktober 2020

Pangkalpinang (Babel) – Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI M Jangkung Widyatno, S.I.P., M.Tr.(Han) secara virtual memberikan materi Bela Negara kepada mahasiswa ISB Atma Luhur Senin 18/10/2020 di Kampus Atma Luhur Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Silindung Baru Pangkal Balam Kota Pangkalpinang.

 

Pemberian materi Bela Negara sebagai narasumber pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru Institut Sains dan Bisnis (ISB) Atma Luhur tahun akademik 2020/ 2021.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor ISB Atma Luhur Dr Husni Teja Sukmana dan acara ini dengan Tema membentuk insan Atma yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, berintegrasi, cerdas dan berbudi luhur.

Brigjen M. Jangkung menjelaskan kepada mahasiswa bahwa makna bela negara adalah upaya menjaga, memelihara, melindungi serta mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Mengapa harus dibela?, karena negara merupakan kesatuan sosial politik, peran dan fungsinya sangat besar bagi kepentingan warga dalam rangka pengembangan sebagai manusia maupun bangsa. Tegasnya.

 

Menurut Komandan ada 5 dasar yang harus diketahui dan dilaksanakan dalam bela negara yaitu cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi negara serta rela berkorban serta kemampuan awal bela negara.

 

Cinta tanah air bagi mahasiswa dapat diwujudkan dengan menjaga NKRI, bangga sebagai bangsa Indonesia, jiwa patriotisme, menjaga nama baik dan berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara serta menggunakan produk dalam negeri.

 

Sedangkan kesadaran berbangsa dan bernegara bisa melalui partisipasi aktif dalam ormas, menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan, ikut serta dalam pemilihan umum, berpatisipasi dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara serta berpikir, bersikap dan berbuat yang terbaik.

 

BACA JUGA:  108 PETEMBAK MERIAHKAN HUT TNI KE-75 DI BABEL

Kemudian keyakinan Pancasila sebagai ideologi negara bisa di implementasikan dengan paham dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, menjadikan Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan senantiasa mengembangkan nilai-nilai Pancasila serta yakin dan percaya bahwa Pancasila sebagai dasar negara. Ungkap Danrem.

 

Dalam kegiatan tersebut Danrem mengajak seluruh mahasiswa dalam membela negara mulailah dari diri sendiri, jangan kalah dengan keadaan dan harus optimis, berdisiplin, tekun dan semangat yang tinggi.

 

Selain itu menjadi contoh dilingkungan kampus, melakukan yang terbaik dalam menuntut ilmu, juga peduli, berbuat dan berkarya untuk kepentingan bangsa dan negara. Ajak Komandan. (Ril/Red-Rik)