Dandim 0431 Bangka Barat dan Istrinya : Penataan dan Pemanfaatan Lahan Ketahanan Pangan Kodim 0431 Bangka Barat Berkonsep Taman Wisata dan Edukasi

310
Dandim 0431 Bangka Barat dan Istrinya : Penataan dan Pemanfaatan Lahan Ketahanan Pangan Kodim 0431 Bangka Barat Berkonsep Taman Wisata dan Edukasi
Inspirasi Post || Jum’at 10 Juli 2020
Bangka Barat,Muntok – Konsep dan desain pengelolaan dan pemanfaatan lahan tidur untuk mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan yang dilakukan oleh Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa bersama istrinya Linda Perkasa.
Kemudian konsep dan desain diimplementasikan bersama dengan jajaran anggota kodim 0431 Bangka Barat dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Kodim 0431 Bangka Barat dengan membangun taman wisata dilahan ketahanan pangan, patut menjadi contoh bagi instansi pemerintah yang ada di negeri Sejirah Setason Kabupaten Bangka Barat dalam pemanfaatan lahan tidur untuk program ketahanan pangan.
Lahan ketahanan pangan kodim 0431 Bangka Barat yang dulunya bekas penambangan timah rakyat dan meninggalkan kondisi tanah yang tidak beraturan, namun sejak dimanfaatkan oleh Kodim 0431 Bangka Barat sebagai lahan ketahanan pangan menjadi tertata dan bisa menjadi salah satu taman wisata  edukasi bagi masyarakat Bangka Barat.
Dalam kunjungan kerja Danrem 045 Gaya Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto, S.I.P.,M Tr(Han) juga sempat mengunjungi lahan ketahanan pangan yang dimanfaatkan dan dikelola oleh Kodim 0431 Bangka Barat dengan konsep dan desain taman wisata edukasi.
Pantauan Pers Babel, tampak di lahan ketahanan pangan kodim 0431 Bangka Barat sudah ada petakan tanaman jagung, sorghum, tempat budidaya sayuran hidroponik, jamur tiram, tempat budidaya madu kelulut dan mini zoo (kebun bintang mini).

Kepada Pers Babel, Dandim 0431 Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa mengatakan kedatangan Danrem 045 Gaya dalam rangka kunjungan kerja untuk mengecek satuan kodim 0431 Bangka Barat dan menyampaikan pengarahan kepada jajaran kodim 0432 Bangka Barat terkait implementasi program pemerintah dalam ketahanan pangan. Jumat (10/07/2020).

” Beliau mengecek bagaimana situasi satuan kami, kemudian beliau memberi pengarahan terhadap seluruh anggota yang ada di kodim 0431 Bangka Barat, selanjutnya mengecek di sektor pangkalan perkantoran, perumahan dan kemudian mengecek ketahanan pangan, merupakan program satuan atas  dalam rangka membantu kesulitan masyarakat,” Kata Dandim 0431 kepada Pers Babel saat usai mendampingi Danrem 045 Gaya berkunjung ke Pesanggrahan Menumbing’, Jum’at (10/07/2020).
Dilanjutkannya, lahan ketahanan pangan ini yang ditata dan dimanfaatkan oleh Kodim 0431 Bangka Barat membangun taman yang dibungkus dengan konsep pariwisata, sehingga masyarakat yang datang ke tempat lahan ketahanan pangan tanpa disadari bahwa tempat ini adalah tempat ketahanan pangan, dan tempat pariwisata.
” Kemudian kedepannya akan kita kembangkan lebih baik dan lengkap, sehingga orang yang datang kesini lebih banyak lagi dan senang ke tempat ketahanan pangan,” Kata Dandim 0431 Bangka Barat.
Sementara itu, Linda Perkasa Ketua Persit Koorcab LV 45 Kodim 0431 Bangka Barat juga menjelaskan bahwa taman konsep ketahanan pangan merupakan konsep wisata taman dan edukasi yang diperuntukkan bagi warga Bangka Barat khususnya dan Bangka Belitung umumnya.
” Dan disini kita bersinergi antara ketahanan pangan dan pariwisata keluarga, dimana setiap yang bisa menikmati ketahanan pangan disini dapat mempelajari banyak hal tentang budidaya tanaman, perternakan dan perikanan, budidaya disini mulai dari jamur tiram, budidaya penangkaran lele dengan ember dengan kangkung diatasnya, budidaya hidroponik, jagung sorghum dan tanaman palawija lainnya dan perternakan bebek, kedepannya kambing dan juga sapi, dan juga ada perikanan dan budidaya madu kelulut” Jelas Linda Perkasa.
Lebih lanjut dijelaskannya, ketahanan pangan berkonsep taman dan edukasi ini bertujuan untuk merangkul  semua warga untuk dapat menikmati wisata, seperti adanya mini zoo (kebun bintang mini) untuk memperkenalkan tentang binatang dan hewan-hewan kepada anak-anak yang ada sekitarnya.
” Kita ingin sekali setiap warga, setiap anak bisa bersama-sama beredukasi di taman kodim 0431 Bangka Barat, yang pasti tetap bersama karena kita punya tujuan keluarga sehat, keluarga bahagia dan keluarga pintar,” Pungkasnya.
Sebelumnya, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 045 PD II/Sriwijaya nyonya Deasi M. Jangkung Widyanto menyampaikan
apresiasinya dan pujian kepada Dandim 0431 Bangka Barat dan ketua Persit KCK Bangka Barat dalam mengupayakan memajukan perekonomian masyarakat Bangka Barat dengan memberikan kegiatan yang positif kepada anggota Persit yang mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan.
” Sebelumnya kita juga ada program dari Persit Kartika Chandra Kirana pusat dan darma Pertiwi ada program ketahanan pangan untuk berternak lele dan bertanam kangkung secara hidroponik dan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sekitarnya terutama dinas kehutanan yang memberikan sumbangan berupa hewan dan bermacam lainnya termasuk pemkab Bangka Barat yang telah memberikan bantuan bibit ikan atas dukungan kepada ibu-ibu Persit kodim Bangka Barat,” kata Deasi M Jangkung.
Diakhir wawancara, Deasi M. Jangkung memuji konsep dan desain pembangunan tempat ketahanan pangan yang dinamakan ‘Taman Tirta Perkasa’.
” Masalah desain luar biasa, diluar ekspektasi saya dan ini akan menjadi contoh buat Koorcab korem meniru apa yang hal yang dilakukan oleh kodim Bangka Barat,” Pungkasnya.   (Red-Rik)
BACA JUGA:  Mantab !! Terpilih Secara Aklamasi, Abdul Wahab Pimpin PWI Kota Metro Periode 2018-2021