Cukup Tiga Permohonan, Malam Nisfu Sya’ban dan Keutamaannya

2588
Ilustrasi: Masyarakat mengadakan malam Nisfu Sya’ban di Masjid.

JAKARTA, Inspirasi Post – Ketua Umum Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj mendukung pembacaan surah Yasin sebanyak tiga kali di malam Nisfu Sya’ban. Ibadah yang biasa diamalkan warga NU kemudian disusul dengan tiga permohonan kepada Allah, terbilang memadai untuk mendapatkan keutamaan malam nisfu.

“Umur panjang yang bermanfaat, perolehan rezeki yang halal, dan wafat membawa iman, sudah lebih dari cukup,” kata Said Aqil Siradj di ruang Sekretariat LDNU di Kantor PBNU jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (30/4/2018) sore.

Menurut Said Aqil Siradj , ketiganya merupakan unsur yang menyempurnakan hidup seorang manusia. Sekurangnya, ibadah di malam nisfu menjadi pembuka ibadah Ramadhan yang menuntut lebih giat lagi. Mayoritas umat Islam di Indonesia lazim berkumpul di masjid.

Mereka baik pria, wanita, dewasa, maupun kanak-kanak membaca surah Yasin sebanyak tiga kali usai sembahyang Magrib berjamaah. Mereka mengutarakan satu permohonan kepada Allah di setiap kali mengawali pembacaan surah Yasin,” pungkasnya.

Sementara itu, Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan, bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban, Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu Sya’ban. Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban, karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Pertama, memperbanyak doa. Kedua, membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Dua kalimat syahadat termasuk kalimat mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Sya’ban. Ketiga, memperbanyak istighfar. Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia.

BACA JUGA:  Walikota Metro Menghadiri Pengajian Songsong Ramadhan di Yosomulyo

Kesehariannya bergelimang dosa. Namun kendati manusia berdosa, Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa pun. Karenaya, meminta ampunan (istighfar) sangat dianjurkan terlebih lagi di malam nisfu Sya’ban.

Demikianlah, tiga amalan utama di malam nisfu Sya’ban menurut Sayyid Muhammad. Semua amalan itu berdampak baik dan memberi keberkahan kepada orang yang mengamalkannya. Semoga kita termasuk orang yang menghidupkan malam nisfu Sya’ban dengan memperbanyak do’a, membaca dua kalimat syahadat, istighfar, dan kalimat mulia lainnya. (Red)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)