Cetak SDM Unggul, KAMPUD Gelar Training Of Trainers Pengurus

32

Inspirasi Post || 19 November 2021

Bandar Lampung, Komite Aksi Masyarakat dan Pemuda untuk Demokrasi (KAMPUD) menggelar acara Training of trainer yang dipusatkan di Hotel Grand Anugrah Bandar Lampung, pada Kamis (18/11/2021).

Acara tersebut mengundang unsur Forum Koordinasi pimpinan daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Lampung, diantaranya hadir dan memberikan sambutan dalam Training Of Trainers KAMPUD, Gubernur Provinsi Lampung yang diwakili oleh Bakesbangpol, Rahmad Hariyadi, S.Sos, M.Si sebagai Kepala Bidang (Kabid) Ketansos, Kapolda Lampung yang diwakili oleh Gadik Madya SPN AKBP. Dr Rinaldi Eka S, SH, MH, Danrem 043/Garuda Hitam yang diwakili oleh Pasi Kamsos Kapten Inf Puryanto, dan Kejaksaan Tinggi Lampung.

Agenda yang mengusung tema, “Pelatihan dan pembinaan tingkatkan profesionalitas Keterampilan dan kemampuan generasi Bangsa Indonesia” menyasar peserta khusus untuk pengurus KAMPUD baik pengurus Dewan Pimpinan Wilayah/Pusat, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kabupaten/Kota diantaranya OKU Timur, Simalungun, Padang, Lampung Timur, Lampung Selatan, Way Kanan, Bandar Lampung, Pesawaran, dan para sahabat KAMPUD dari sejumlah perguruan Tinggi ternama di Lampung.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Kegiatan Training Of Trainers KAMPUD, Agung Triyono mengutarakan bahwa tujuan dan manfaat diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan kemampuan, kompetensi dan Profesionalitas insan KAMPUD dalam menggerakkan roda organisasi, selain itu mencetak generasi bangsa agar memiliki mental yang unggul.

“Diharapkan kepada para peserta, setelah mengikuti pelatihan dan pembekalan bertajuk Training of trainers ini dapat menambah dedikasi dan wawasan berfikir insan KAMPUD, sehingga dapat menjadi bekal dalam mewujudkan pengabdiannya untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”, kata Agung Triyono.

Sementara, Ketua Umum KAMPUD, Seno Aji dalam sambutannya menyampaikan sebagai Lembaga Non Pemerintah yang berasaskan Pancasila dan UUD 1945 menjadi landasan hukum dalam melaksanakan kegiatannya.

“KAMPUD sebagai organisasi yang independen dan terbuka untuk warga Negara Indonesia tanpa membedakan latar belakang sosial, agama, suku, ras, golongan dan Gender dengan semangat progresif revolusioner, maka dalam mensukseskan program yang disusun KAMPUD, usaha yang dilakukan yaitu membangun networking dengan Pemerintah, pengorganisasian masyarakat, menggalang opini publik, melakukan press Publik, membangun network antar lembaga, pendampingan Masyarakat, training-training, seminar, lokakarya, penyuluhan, sosialisasi, kaderisasi profesional, hearing, bantuan hukum dan konseling, dengan beragam kegiatan KAMPUD tersebut maka meningkatkan SDM yang kompeten sangat dibutuhkan, salahsatunya melalui acara Training Of Trainers”, kata Seno Aji.

Diketahui, pada acara training of trainer tersebut, hadir sejumlah pemateri diantaranya, Alfian Suni, SH, MH, yang merupakan advocat, dengan materi Advokasi dan pendampingan Masyarakat, Rossy Febriani Daud, S.I.Kom, M.I.Kom yang merupakan akadmeisi dosen ilmu komunikasi di Universitas Muhammadiyah Kotabumi sebagai materi Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, dan Basuki, SH yang merupakan tenaga ahli Komisi Informasi (KI) Lampung, bidang sengketa Informasi, membawakan materi tentang Teknik Orasi dan manajemen aksi.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu menjaga jarak, mengenakan masker, mengecek suhu tubuh, menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, acara training of trainer ini berjalan aman, lancar dan sukses. (*)

BACA JUGA:  Aktivis Die Jugend ikuti Event Pemuda Peduli Lingkungan Dispora Lampung