Cegah Banjir, DPRD Minta Wali Kota Metro Fokus Bangun Dreinase

808

METRO, Inspirasi Post – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Metro mendesak, agar Wali Kota Hi.Ahmad Pairin fokus membangun saluran air/drainase. Pasalnya, banjir kerap terjadi di saat curah hujan yang cukup tinggi dan air meluap di pemukiman warga.

Anggota Komisi I Drs. Hi. Nasrianto Effendi, M.AP mengatakan, banjir masih menjadi ancaman serius bagi warga Kota Metro terutama pada musim penghujan ini. Sebab, kondisi pembangunan drainase masih tidak merata dan mengakibatkan air meluap. Seperti, banjir yang terjadi di Kota Metro, di sebabkan curah hujan yang yang cukup tinggi. Akan tetapi, tentu saja pemerintah juga harus melakukan antisipasi tak kala terjadi hujan yang sangat tinggi dan mengakibatkan banjir,” kata Nasrianto Effendi kepada Inspirasi Post, Jumat (23/2/2018) di ruang kerjanya.

Lanjut Nasrianto, paktor banjir penyebabnya adalah drenase, karena selama ini Pemkot Metro fokus pembangunan jalan. Tetapi tidak memperhatikan bagai mana pembangunan drenase yang ada. Walaupun ada, tetapi program itu tidak di lakukan secara intergral atau tidak menyeluruh. Sehingga yang terjadi, tetap saja banjir kembali terjadi.

Seperti contoh, di Kelurahan Hadi Mulyo Barat di jalan Lukman Tanjung ataupun Imam Bonjol ada perbaikan drenase sepanjang 200 meter. Akan tetapi, sebelah sananya tidak di bangun, sehingga tersumbat karena tidak ada drenasenya. Seharusnya, setiap pembangunan jalan ada drenasinya yang sepenambungan dan jika terjadi banjir akan mengurangi,” ujarnya.

Banjir kembali melanda di Kota Metro, ketingian air mencapai 1 meter akibat tangul irigasi jebol.

Nasrianto mengatakan, yang pertama untuk kedepannya kita minta kepada pemerintah terutama Dinas PU untuk membuatan drenase yang matang dan baik serta bagai mana pembangunan secara menyeluruh. Kemudian yang kedua, musibah banjir banyak barang – barang yang rusak, seperti kami dapat laporan di Kampus belakang Stain Metro juga banyak barang yang rusak dan mengalami kerugian. Sebab itu, kami menghimbau pada Pemkot Metro apakah ini darurat banjir atau bencana.

BACA JUGA:  Pemilihan Muli Mekhanai 2019 Memasuki Babak Baru


Tetapi yang terlihat, banjir hampir merata dan kita berharap ada bantuan yang di berikan oleh pemerintah kepada korban banjir apakah berupa uang atau yang lainnya. Menurutnya, kami banyak menerima sms dari warga pertanyakan apakah ada perhatian atau bantuan dari Pemkot Metro. “Ia mengatakan, pada satu sisi kita perbaiki drenase yang ada, di sisi lain agar Pemkot Metro dapat berikan bantuan dan itu ada dananya untuk penangulangan bencana,” pungkasnya. Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)