‘ Bineka Tunggal Ika ‘ Festival Budaya Indonesia

74

Jakarta-Sekitar 3.000 penari dari berbagai usia menggelar tarian tradisional bersama-sama dalam acara Festival Tunjukkan Indonesiamu Bhinneka Tunggal Ika di area Car Free Day, Kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2019). Agenda ini digelar dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-74.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga menampilkan flashmob 2.000 penari tradisional yang bertujuan melestarikan kebudayaan nasional, khususnya tarian tradisional, keraton di Indonesia, serta memperkenalkan kekayaan budaya Tanah Air ke mancanegara.

Ketua Yayasan Belantara Budaya Indonesia, Diah Kusumawardani menyebutkan, kegiatan yang digelar oleh Pertamina Internasional EP (PIEP) ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan nasional, khususnya tarian tradisional dan keraton di Indonesia, serta memperkenalkan kekayaan budaya Tanah Air ke mancanegara.

Dia mengimbau masyarakat menularkan kekayaan budaya Indonesia kepada generasi muda, dengan mempraktikkannya secara langsung sehingga melestarikan kebudayaan nasional.

Animo masyarakat dalam kegiatan ini cukup besar. Harus ditularkan ke generasi muda. Mulai dari keseharian seperti memakai batik, kebaya, dan kain tradisional lainnya,” ujar Diah, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (4/8/2019).

Direktur Utama PT Pertamina Internasional EP, Denie S Tampubolon menuturkan, Festival Tunjukkan Indonesiamu diselenggarakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Selain dimeriahkan ribuan penari, acara ini juga menyuguhkan beberapa UKM produk lokal, salah satunya Kreasi Masyarakat Baduy yang merupakan hasil binaan program CSR PT Pertamina Internasional EP.

“Kita melihat energi yang luar biasa dari anak anak muda untuk mengembangkan budaya Indonesia. Kita bersyukur lewat Pertamina IEP kita bisa berpartisipasi untuk mengembangkan budaya Indonesia,” kata Denie.

( Red / Dha / rls )

BACA JUGA:  Plt Bupati Loekman Berharap, 174 Jamaah Umroh Doakan Mustafa