BIN Gelar Rapid Tes Di Bogor

435

Bogor (4/7/2020)- Badan Intelijen Negara (BIN) mengelar rapid dan swab test massal di kawasan Pasar Ciawi, Kabupaten Bogor. Dari hasil rapid test yang digelar BIN tersebut, 5 dinyatakan reaktif.
Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas Penanganan Covid-19 BIN Brigjen TNI Irwan Mulyana mengatakan ada sekitar 1.000 alat tes yang disiapkan bagi pedagang maupun pengunjung Pasar Ciawi.
“Disiapkan 750 sampai 1.000 alat rapid tes untuk pedagang atau pengunjung pasar sini. Kita akan lihat antusias dari masyarakat. Kita akan layani semuanya,” kata Irwan, Seperti dilansir dari laman resmi BIN RI.

Sejauh ini, sudah ada 307 sampel rapid test yang diuji dan lima di antaranya. reaktif. Untuk yang reaktif, langsung ditindaklanjuti dengan tes swab milik BIN guna memastikan negatif atau positif dari Covid-19.

“Saat ini, kita membawa 2 mobil mobil swab, sehingga jarak lima jam sehingga kita sudah mengetahui apakah yang lima reaktif di sini betul-betul terpapar Covid-19 atau tidak,” ucap Ketua Pelaksana Harian Sub Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Tes massal ini, lanjut Irwan, merupakan kerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor untuk melakukan pelacakan terhadap kasus posituf Covid-19 di tempat kerumunan seperti pasar.
“Hasil koordinasi kita dengan Pemkab Bogor dan Gugus Tugas bahwa di sini tempat berkerumunnya orang jual beli. Sehingga di sini cukup rawan jadi pagi hari ini kita tentukan tempatnya di sini,” ucap Irwan.

Selain melakukan tes secara masif, Irwan menambahkan, modal utama masyarakat agar terhindar dari terpapar Covid-19 dengan menjaga kedisiplinan memakasi masker, jaga jarak dan cuci tangan.
“Walaupun kita selalu intensif melakukan rapid test, tetapi modal utama itu adalah disiplin masyarakat. Bila masyarakat sudah disipilin, Insyallah penerapan new normal kita bisa laksanakan,” imbuh Irwan.

BACA JUGA:  Pimpinan BPK Laporkan Temuan Kerugian Negara Rp2,66 Triliun

Sementara itu, Perwakilan Sekertariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor Lestia Irmawati mengaku tes massal ini adalah yang kedua kalinya bekerjsama dengan BIN. Ke depan, diharapkan tes ini akan terus dilakukan guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Ini kedua kali BIN menggelar rapid tes di pasar, pertama Cibinong kedua di sini. Pasar Ciawi memang rawan karena lokasinya strategis, kita harap tes juga dilakukan di sektor transportasi,” ucap Lestia. ( Red / Dha / BIN )