Berita Terbaru soal Pembayaran Gaji ke-13 dan 14 PNS

842
Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyampaikan gaji 13 dan THR (gaji ke-14) akan diterima berbarengan

Jakarta, Inspirasi Post – Pembayaran gaji ke-13 dan 14 untuk para PNS disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana. Dia memerkirakan, pembayaran gaji ke-13 dan 14 dimaksud akan dilakukan secara bersamaan, yakni di bulan Juni.

Gaji ke-13 merupakan bantuan untuk PNS kebutuhan sekolah anak jelang tahun ajaran baru. Sedang gaji ke-14 merupakan semacam Tunjangan Hari Raya (THR). “Insya Allah gaji 13 dan THR (gaji ke-14) akan diterima berbarengan,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada wartawan, Kamis (5/4/2018).

Pemerintah, lanjutnya, sudah mengusulkan pembayaran gaji ke-13 dan THR di bulan yang sama yaitu Juni. THR dibayar pad awal bulan. Sedangkan gaji 13 di akhir bulan. Namun, kebijakannya tergantung kemampuan keuangan negara. “Mudah-mudahan bisa barengan Juni. Karena anak-anak juga membayar uang pendidikan di bulan Juni. Sementara Lebaran Idulfitri pertengahan Juni,” terangnya.

Sama seperti tahun lalu, besaran gaji ke-13 setara gaji pokok (gapok) plus tunjangan kinerja (tukin). Tunjangan kinerja ini sesuai dengan ketentuan masing-masing instansi. Sedangkan THR, hanya gapok tanpa tukin. “Pemberian THR sebagai pengganti kebijakan pemerintah yang tidak menaikkan gaji PNS. Kalau dihitung persentasenya sama dengan kenaikan gaji PNS,” tandasnya. (Hiroyuki/Dbs)

Editor: Purwadi

Purwadi Ardi (PIMPINAN REDAKSI)

BACA JUGA:  Heboh !! Napi Blok D1 Tewas Gantung Diri di Ruang Isolasi Lapas