Atasi Genangan Air, Dinas PUPR Metro Fokus Bangun Drainase

521
Kabid Cipta Karya Dinas PU Kota Metro Robby K. Saputra, SP. M.Si saat di konfermasi Inspirasi Post terkait pembangunan drainase.

METRO, Inspirasi Post – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Metro segera melakukan kordinasi dengan Walikota, Ahmad Pairin, S.Sos melakukan perbaikan beberapa titik drainase ditahun 2018. Hal itu menyusul banyaknya keluhan yang disampaikan masyarakat, jika curah hujan cukup tinggi dan menggenangi rumah mereka.

Kabid Cipta Karya Dinas PU Kota Metro Robby K. Saputra, SP. M.Si mengatakan, pada saat terjadi banjir pada 25 – 26 Februari 2018 lalu, pihaknya sudah melakukan langkah cepat untuk mengatasi masalah di beberapa titik yang sering terjadinya air meluap di pemukiman warga. “Kami berkeliling bersama Wali Kota Metro Ahmad Pairin, dan melihat sudah ada drainase cuma ada beberapa ruas yang belum ada pembangunan drainase lanjutan. Seperti, di jalan Kelurahan Hadi Mulyo Barat di jalan Lukman Tanjung ataupun Imam Bonjol dan lainnya,” kata Robby kepada Inspirasi Post, Rabu (28/2/2018) di ruang kerjanya.

Ilustrasi: Drainase yang tersumbat oleh sampah, dapat menyebabkan air meluab dan menggenangi pemukiman warga.

Robby menambahkan, salah satu penyebab terjadinya banjir adalah, drainase yang tersumbat tumpukan sampah. Sehingga, air tidak lancar mengalir dengan datang nya musim penghujan. Selain itu, dengan kejadian banjir di Metro, setelah kami pantau di akibatkan air kiriman dari atas yang sengaja di buka. Sehingga, saluran kali di 24 dan kali bunut meluap serta menggenangi rumah warga,” ujar Robby. 

Menurutnya, pembangunan drainase sudah di lakukan beberapa tahun lalu dan membentuk pokmas di setiap Kelurahan di Kota Metro. Namun, drainase tersebut ada yang rusak dan juga tersumbat oleh sampah. Hal tersebut tentunya menjadi perhatian bagi masyarakat, untuk menjaga kebersihan dan merawat pembangunan drainase. Dengan harapan bisa meminimalisir banjir di masa mendatang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Metro mendesak, agar Wali Kota Hi.Ahmad Pairin fokus membangun saluran air/drainase. Pasalnya, banjir kerap terjadi di saat curah hujan yang cukup tinggi dan air meluap di pemukiman warga.

BACA JUGA:  Mendapat Dukungan Masyarakat Kecil, Hj.Nessy Mustafa 'Primadona' Dalam Bursa Pemilih di Pilkada Lampung Tengah

Anggota Komisi I Drs. Hi. Nasrianto Effendi, M.AP mengatakan, banjir masih menjadi ancaman serius bagi warga Kota Metro terutama pada musim penghujan ini. Sebab, kondisi pembangunan drainase masih tidak merata dan mengakibatkan air meluap. Seperti, banjir yang terjadi di Kota Metro, di sebabkan curah hujan yang yang cukup tinggi. Akan tetapi, tentu saja pemerintah juga harus melakukan antisipasi tak kala terjadi hujan yang sangat tinggi dan mengakibatkan banjir,” kata Nasrianto.

Lanjut Nasrianto, paktor banjir penyebabnya adalah drenase, karena selama ini Pemkot Metro fokus pembangunan jalan. Tetapi tidak memperhatikan bagai mana pembangunan drenase yang ada. Walaupun ada, tetapi program itu tidak di lakukan secara intergral atau tidak menyeluruh. Sehingga yang terjadi, tetap saja banjir kembali terjadi,” tutupnya.
Editor: (Purwadi / Red)

Purwadi Ardi (Pimpinan Redaksi)