Ada 7 Poin Di Surat Kantor Redaksi SHI Group Kepada Gubernur Riau

266

Inspirasi Post || 12 Agustus 2021

RIAU — Beberapa Media online yang tergabung dalam Suara Hebat Indonesia (SHI) Group melayangkan surat Resmi kepada Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar tentang Anggaran APBD Tahun 2021 dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Beberapa media yang menyurati tersebut, yakni hebatriau.com, suarasindo.com, suarahebat.co.id, gardametro.com dan Tabloid Suarasido yang beralamat Kantor Redaksi, di Jalan Hangtuah Ujung, Lintas Timur, Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

Adapun dasar dilayangkannnya surat tersebut, sesuai undang-undang pers nomor 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam rangka konfirmasi, kariliikasi sesuai undang-undang keterbukaan informasi publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2014.

Kemudian, undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi serta peran serta masyarakat warga Negara Indonesia untuk ikut dalam pengawasan dan pencegahan, sehingga tidak terjadinya Korupsi, Kolusi Nipotisme (KKN).

Selain itu, surat ini mengapa ada tembusan ke beberapa kantor vertikal di Riau, guna menjaga independensi secara profesional dalam pengelolaan uang pajak masyarakat yang dikelola Pemerintah melalui alokasi APBN dan APBD yang sudah diketok palu oleh DPR RI dan DPRD.. Terkhusus Alokasi dan penggunaan Anggaran di Diskominfo Pemprov Riau untuk Tahun 2019-2021.

Selanjutnya, tentang data pendapatan dan sumber pendapatan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada kemajuan pembangunan dari program Diskominfo Riau dari tahun 2019-2021. Seperti dari pendapatan website Media Online nya sendiri. Yang tentunya seperti media online lain yang sudah dapat kerja sama serta sumber PAD lainnya yang sudah ada Peraturan Daerah dan Peraturan Gubernurnya.

Pimpinan Kantor SHI Group Johan Elvianus Hondro mengatakan kepada wartawan Rabu, (11/8)

Adapun Beberapa poin isi surat dari pihaknya, Mempertanyakan ;

Apakah isi keseluruhan Pergub Riau No. 19 Tahun 2021 telah sesuai dengan UU No.12 Tahun 2021 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan…………………………..???

Berapa Anggaran Publikasi Kegiatan Gubernur, Wakil Gubernur dan Pemerintah Daerah Pemprov Riau APBD Tahun 2019, 2020 dan 2021 yang dikelola Diskominfo Riau…………………..???

Berapa Anggaran Website Diskominfo Pemprov Riau dari Tahun 2019-2021………………..???

Bagaimana Mekanisme Sistem Kerjasama Media dengan Pemprov Riau melalui Diskominfo Pemprov Riau, Mohon Jelaskan……………………….???

Berapa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprov Riau pada website media Diskominfo Pemprov Riau dan sumber PAD lainnya yang sah sesuai Perda dan Pergub………………….???

Berapa keseluruhan Anggaran Diskominfo Pemprov Riau yang tertuang dalam APBD Tahun 2021 dalam pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprov Riau ke 64……………………..???

Mempertanyakan tujuan adanya diterbitkan Peraturan Gubernur Riau nomor 19 tahun 2021………………………???

“Ada Tujuh poin sudah disampaikan, kita minta untuk dibalas melalui surat resmi oleh Diskominfo Pemprov Riau. Kalau tidak kita sidangkan di Komisi Informasi Publik (KIP).

Sehingga kita dan masyarakat bisa mengetahui kemajuan perkembangan Riau melalui dana APBD tersebut yang digunakan dan yang di dapat dari PAD oleh Diskominfo Pemprov Riau,” kata Johan. Dan dijelaskannya, ada alamat kantor di surat yang sudah dilayangkannya tersebut. (Sumber : Group SHI)

BACA JUGA:  Massa Pendukung Prabowo ' Kepung ' Mahkamah Konstitusi Kawal Hasil Sidang PHPU 2019