Salut!, Bulan Ramadhan Tak Membuat ” Gentar ” Satgas DPUPR Kota Depok Bersihkan Sampah di Beberpa Situ

159

Kota Depok-Satu kata yaitu , Salut! kepada tim satuan tugas ( Satgas,red ) pasalnya, meskipun di bulan penuh hikmah ini mereka tetap menjalnkan tugas pengabdian yaitu penanganan sampah sejumlah situ, Hal ini merupakan sebuah Komitmen menjaga situ tetap bersih, dilakukan agar inlet dan outlet tidak tersumbat.

Citra Indah Yulianty, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, di Balai Kota, Kamis (09/05/2019) lalu.

“Selain normalisasi situ dengan melakukan pengerukan sedimen pasir yang sudah mengendap, kami juga ada kegiatan pembersihan sampah yang berada di permukaan situ. Untuk kegiatan ini, kami menggunakan alat berat berupa truxor,” urai wanita yang dikenal sangat komitmen dalam melakukan pengabdian dan dedikasi kerja ini.

Dikatakannya, sampah yang ada di situ dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran inlet dan outlet yang berdampak pada aliran yang tidak sesuai jalurnya. Sehingga dikhawatirkan bisa menimbulkan luapan air.

“Sampah menjadi sumber utama, tersumbatnya saluran inlet dan outlet yang harusnya mengalir ke kali maupun sebaliknya,” tegas nya.

Untuk diketahui, saat ini penanganan sampah sedang dilakukan di Situ Tipar, Kecamatan Cimanggis. Penanganan serupa juga dilakukan di Situ Rawa Besar, Kecamatan Pancoran Mas dan Situ Pladen, Kecamatan Beji yang kerap jadi sasaran pembuang sampah liar.

Citra menambahkan,

“Kami mengimbau warga untuk tidak membuang sampah ke kali maupun situ, karena mengakibatkan tersumbatnya saluran air. Dampaknya, warga bisa kena banjir. Perlu adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan,” tutupnya kepada Inspirasi Post. ( Adv / ELLZ / Kominfo )

Laporan : ELLZ Jurnalis

BACA JUGA:  Zaiful Bukhori, Peningkatan Mutu dan Kualitas Pada dunia Pendidikan Sangat Penting